Catatan Ketua Cabang dalam Pertemuan Senior di Jakarta: Dukungan Penuh Revitalisasi GMKI Yogyakarta!

Kategori:
377

Beranda >Berita >Catatan Ketua Cabang dalam Pertemuan Senior di Jakarta: Dukungan Penuh Revitalisasi GMKI Yogyakarta!

Jakarta – Sabtu, 4 Februari 2023, saya mendampingi Pengurus BKS PGI GMKI Lokal Yogyakarta bertolak ke Jakarta untuk mengikuti pertemuan informal senior GMKI Yogyakarta di Kantor Lembaga Alkitab Indonesia (LAI).

Pertemuan ini dipandu langsung oleh Senior Johny Nelson Simanjuntak dan Senior Putu Bravo Timothy. Pertemuan yang dihadiri sekitar 25 senior GMKI Yogyakarta itu berjalan secara dinamis dalam suasana kekeluargaan dengan agenda mendengarkan dan membahas perkembangan renovasi Wisma Immanuel sebagai Pusat Kegiatan Mahasiswa oleh BKS PGI-GMKI Lokal Yogyakarta.

Setelah agenda tersebut, saya juga diberikan kesempatan sebagai Ketua Cabang untuk menyampaikan beberapa hal. Pertama, saya menegaskan bahwa Badan Pengurus Cabang Masa Bakti 2022-2024 bersama seluruh Bapekom serta anggota siap berkolaborasi dengan seluruh senior demi perkembangan pelayanan GMKI Yogyakarta yang lebih baik. Kami sangat prihatin dengan kondisi Wisma Immanuel hari ini. Karena itu, kami memulai dengan apa yang bisa kami kerjakan langsung, seperti mengecat ulang pagar depan SC agar lebih tampak asri dan menarik orang, mengupayakan Taman Diskusi UOUS dengan angkringan sederhana sebagai ruang terbuka diskusi dengan gaya milenial dan berjejaring dengan kader kita di Biznet Yogyakarta untuk meningkatkan dan memperluas kapasitas internet di Wisma Immanuel untuk menunjang pergerakan kita di era digital. Dengan inisiatif kami di atas, sekali lagi kami ingin menegaskan bahwa kami mendukung penuh semangat BKS bersama seluruh senior sebagai penggerak dan pengelola renovasi Wisma Immanuel secara strategis agar dapat menjadi pemasukan bagi pergerakan dan pelayanan Cabang yang lebih sustainable di hari mendatang.

Kedua, saya juga diminta untuk menyampaikan kembali tiga gerakan prioritas BPC hari ini dalam tarikan nafas revitalisasi GMKI Yogyakarta:

  1. Menambah 6 Komisariat menjadi 12 Komisariat GMKI Yogyakarta di tahun 2024, dimulai dengan Musyawarah Komisariat Raya Bulan Februari 2023 ini (tahap awal, tambah 3 Komisariat) dengan harapan besar agar GMKI Yogyakarta lebih mampu hadir secara strategis di perguruan tinggi se-DIY sehingga dikenal dekat dengan mahasiswa Kristen (khususnya PMK).
  2. Melakukan kaderisasi secara terintegrasi di samping kaderisasi khusus berdasarkan kebutuhan sebagaimana perintah PDPSK, dimulai dari Tingkat Dasar bulan Maret sampai dengan Tingkat Madya bulan Juni, dengan tema utama seperti Nasionalisme, Ekumenisme, Kepemimpinan, Manajamen dan Analisis Sosial.
  3. Memperkuat posisi tawar GMKI Yogyakarta dengan terus melakukan kunjungan ke gereja, PMK, organisasi daerah dan masyarakat Yogyakarta melalui kolaborasi bersama Bawaslu DIY untuk mengawal pemilu 2024 dalam dua hal konkrit, yakni mengawal hak memilih ratusan ribu mahasiswa yang tidak mampu dijamin dan dipenuhi KPU 2019 lalu serta berpartisipasi sebagai pemantau pemilu dengan melibatkan pemuda gereja

Saya menyaksikan sendiri bahwa seluruh senior berkomitmen dengan serius untuk mendukung revitalisasi GMKI Yogyakarta khususnya memposisikan kembali Wisma Immanuel sebagai pusat pengaderan mahasiswa Kristen. Karena itu, dari Jakarta, di hari minggu yang berbahagia ini, saya menyerukan kepada seluruh anggota, kader, Badan Pengurus Komisariat, dan Badan Pengurus Cabang yang membaca pesan ini:

BANGKITLAH! NYALAKAN LEBIH BESAR API SEMANGAT PELAYANAN KITA SEMUA KHUSUSNYA SEBAGAI BADAN PENGURUS CABANG DAN BADAN PENGURUS KOMISARIAT.

JIKA SELURUH SENIOR SUDAH MEMPERLIHATKAN KESERIUSANNYA, MAKA SEBAGAI KETUA CABANG SAYA MENDESAK SEMUA PENGURUS CABANG DAN KOMISARIAT AGAR HARUS LEBIH TEGAS, SERIUS DAN BERTANGGUNG JAWAB DALAM MELAYANI!

AYO BERGERAKLAH BERSAMA, BERKOMUNIKASILAH SELESAIKAN SEMUA TANTANGAN, DAN TUNTASKANLAH SEGALA RENCANA PELAYANAN!

Salam revitalisasi GMKI Yogyakarta!

 

Tambahan:

BPC GMKI Yogyakarta juga mengucapkan terima kasih atas persembahan donasi buku untuk Perpustakaan GMKI Yogyakarta dari Senior Dikson Ringo (5 Buku Activistpreneur, karya M. Ryano Panjaitan, ed. Dikson Ringo) dan Senior Pendeta Supriatno (8 buku Sapaan Pagi dan 10 buku Stepping Beyond The Wound: 12 Stories of Journey Toward Peace) karya Senior sendiri. Tuhan Yesus Sang Kepala Gerakan memberkati senior berdua.

 

Ut Omnes Unum Sint!